Thursday, April 23, 2015

Bahayanya Penyakit Lupa

Bahayanya Penyakit Lupa
Gejala mudah lupa sebaiknya tidak diabaikan, apalagi jika sering dan tidak hanya lupa pada satu hal saja sebab jika dibiarkan begitu saja akan menimbulkan penyakit lupa yang semakin parah. Keutuhan pola hidup manusia berdasarkan keseimbangan tersebut akan membuka rahasia tubuh yang mampu menghadapi lingkungan sekitar. Optimalisasi keterpaduan jaringan tubuh akan lebih mudah tercapai dengan pola makan yang selaras. Merawat tubuh melalui makanan adalah langkah utama untuk membalik proses penuaan dan mencegah terjadinya proses degenerasi. Setelah oksigen, makanan adalah hal yang paling penting, paling berharga, dan alami di dunia ini. Walaupun ini sangat penting tetapi banyak orang yang bingung dan tidak tahu mengenai nutrisi yang tepat bagi mereka terutama ketika tubuh mereka mengalami ganguan.

Bahayanya Penyakit Lupa
Bahayanya Penyakit Lupa

Bahayanya Penyakit Lupa
Bahayanya Penyakit Lupa


Ganguan penyakit lupa
Perlu latihan khusus untuk membantu mangatasi penyakit lupa seperti dengan mengatur asupan gizi makanan sehari-hari guna menggiatkan fungsi otak. Ingatan atau memori ibarat sebuah lemari arsip yang menyimpan banyak sekali data penting dan kecepatan seseorang menemukan kembali data yang diperlukan bergantung pada beberapa hal seperti sistem pengarsipan data, frekuensi pencarian data, dan nilai kepentingan data. Seiring bertambahnya usia sebagian sel-sel otak akan mati atau mengkerut sehingga mengurangi kemampuan fungsi otak. Menurut hasil penelitian beberapa ahli di Amerika menunjukan bahwa otak kiri pria ternyata lebih cepat mengalami kemunduran jika dibandingkan dengan wanita. Bahkan kecepatannya mencapai tiga kali kemunduran fungsi pada otak kiri wanita.
Otak kiri berkaitan dengan kemampuan berpikir secara rasional, logis, analitis, berbicara, berbahasa, dan rasa bahagia. Fakta lainya juga menunjukan bahwa wanita kehilangan fungsi otak kanan dan otak kiri seiring bertambahnya usia terjaadi secara seimbang. Sedangkan pada pria, kematian sel-sel otak kirinya terjadi dua kali lebih banyak daripada sel-sel otak kanan. Jadi dapat disimpulkan bahwa pria memang memiliki bakat penyakit lupa.
Bentuk penyakit lupa terbagi atas tika tingkatan yaitu mudah lupa (forgetfulness), amnesia dan pikun (dementia, demensia). Muda lupa sering disebut dengan lupa wajar terjadi jika simpanan memori jangka pajang dalam otak sulit diingat lagi saat dibutuhkan. Amnesia adalah lupa akibat adanya kerusakan pada sel-sel otak misalnya akibat benturan benda kerasdan akibat lebih serius adalah hilangnya igatan maka penderita akan kesulitan mengingat segala informasi yang pernah ia terima. Jika amnesia tidak segera ditangani maka penderita akan mengalami kepikunan, kondisi dimana seseorang tidak hanya kehilangan daya ingat namun juga kehilangan kemampuan mengingat. Penderita mengalami kemunduran beberapa fungsi mental seperti mengingat, berbicara, berpikir, berperilaku, dan juga melakukan beberapa pekerjaan. Misalnya ia tidak mampu lagi mengenali orang-orang yang selama ini dikenalnya, tidak bisa membedakan siang dengan malam, atau tidak mengenal hari, bulan, bahkan tahun.


Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Bahayanya Penyakit Lupa

0 comments:

Post a Comment