Friday, March 6, 2015

Manfaat Kunyit bagi Kesehatan Anda



Manfaat Kunyit bagi Kesehatan Anda
Kunyit merupakan empon-empon yang di gunakan sebagai obat tradisional. Dewasa ini masyarakat mulai memanfaatkan kekayaan alam seperti tumbuhan empon-empon untuk membuat berbagai jenis obat. Obat yang terbuat dari tambuhan sudah lama dilakukan oleh nenek moyang pada zaman lampau. Selain itu para ahli dari dalam dan luar telah melakukan penelitian juga pengujian terhadap sejumlah tumbuhan tertentu yang diperkirakan berkhasiat untuk pengobatan.
Diperkirakan di Indonesia terdapat 100.000 pengobatan tradisional yang tersebar di 65.000 lebih desa. Pengobatan tradisional yang dimaksud adalah pengobatan yang dilakukan menggunakan obat-obatan atau ramuan tradisional. Banyak dari mereka yang menggunakan tumbuhan-tumbuhan obat, salah satunya adalah kunyit.
 
Kunyit Sejuta Manfaat
Kunyit Sejuta Manfaat

Kunyit Sejuta Manfaat
Kunyit Sejuta Manfaat

Kunyit Sejuta Manfaat
Kunyit Sejuta Manfaat

 
Kunyit dan khasiatnya
Curcuma domestica atau yang sering disebut dengan kunyit, tumbuhan ini sering disebut sebagai empon-empon dan berasal dari India, kunyit termasuk dalam family zingiberaceae. Hampir di seluruh pulau Jawa, kunyit tumbuh dan juga berkembang secara liar di semak-semak hutan jati. Kunyit merupakan tumbuhan daerah subtropics hingga tropis dan tumbuh subur di daratan rendah lebih kurang 90 meter hingga 2000 meter di atas permukaan laut.
Kunyit mempunyai batang pohon semu dan basah dan daunnya mirip dengan tumbuhan pisang-pisangan. Pelepah-pelepah daun kunyit yang dominan berwarna hijau membentuk batang dengan helaian daun berbentuk bulat telur. Rimpangnya mempunyai banyak cabang dengan kulit luar berwarna jingga kecoklatan. Buah daging rimpang kunyit berwarna merah jingga kekuning-kuningan.
Di Indonesia rimpang kunyit dipergunakan untuk bumbu masak. Di Eropa, kunyit dipakai sebagai bahan baku kosmetika atau pewarna makanan. Tinggi tumbuhan kunyit mampu mencapai 1 mater dan bunganya muncul dari puncak batang semu dengan panjang sekitar 10-15 cm dan berwarna putih.
Kunyit merupakan jenis temu-temuan yang mengandung senyawa kimia berkeaktifan fisiologi yaitu minyak atsiri dan kurkuminoid. Minyak atsiri tersebut mengandung senyawa kimia seskuiterpen alcohol, turmeron dan zingiberen. Sedangkan kurkuminoid mengandung senyawa kurkumin dan turunnya warna kuning yang meliputi desmetoksikurkunim dan bisdesmetoksikurkumin. Beberapa penyakit yang dapat diatasi dengan kunyit adalah usus buntu dan haid tidak lancer.
Untuk mengatasi usus buntu, diperlukan 1 rimpang kunyit, 1 butir buah jeruk nipis, 1 potong gula kelapa/aren dan juga garam secukupnya. Kunyit diparut dan jeruk nipis diperas kemudian dicampur dengan bahan lain dan disedu dengan 1 gelas air panas lalu disaring. Diminum setiap pagi hari setelah makan secara teratur.
Untuk haid tidak lancer, dibutuhkan 2 rimpang kunyit, ketumbar secukupnya, jintan hitam, dan juga pala secukupnya, 2 biji cengkeh, 4 biji kapulaga, 3 lembar daun srigading. Semua bahan dicuci bersih dan ditumbuk bersama sampai halus, kemudian disedu dengan 1 gelas air panas dan disaring. Kemudian diminum 2-3 kali sehari menjelang hari datang bulan  

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Manfaat Kunyit bagi Kesehatan Anda

0 comments:

Post a Comment