Friday, March 6, 2015

Bunga Melati, Bunga Menawan Berkhasiat Obat



Bunga Melati  Bunga Menawan Berkhasiat Obat
Melati merupakan salah satu bunga yang sering di gunakan sebagai obat tradisional. Dewasa ini masyarakat mulai memanfaatkan kekayaan alam seperti tumbuhan untuk membuat berbagai jenis obat. Obat yang terbuat dari tambuhan sudah lama dilakukan oleh nenek moyang pada zaman lampau. Selain itu para ahli dari Jerman, India, China, Australia, dan Indonesia sendiri telah melakukan penelitian juga pengujian terhadap sejumlah tumbuhan tertentu yang diperkirakan berkhasiat untuk pengobatan.
Diperkirakan di Indonesia terdapat 100.000 pengobatan tradisional yang tersebar di 65.000 lebih desa. Pengobatan tradisional yang dimaksud adalah pengobatan yang dilakukan menggunakan obat-obatan atau ramuan tradisional seperti yang sering dilakukan oleh dukun, sinshe, tabib, dan sebagainya. Banyak dari mereka yang menggunakan tumbuhan-tumbuhan obat, salah satunya adalah bunga melati.

Bunga Melati Berkhasiat Obat
Bunga Melati Berkhasiat Obat

Bunga Melati Berkhasiat Obat
Bunga Melati Berkhasiat Obat

Bunga Melati Berkhasiat Obat
Bunga Melati Berkhasiat Obat

 
Melati dan beberapa khasiatnya
Jasminum sambac atau di Indonesia sering disebut dengan melati merupakan salah satu bunga yang dapat digunkan menjadi sebuah obat. Tumbuhan ini termasuk dalam family Oleranceae yang berasal dari India, China, Taiwan, Malaya, Filiphina dan Indonesia. Melati termasuk tanaman yang mempunyai banyak manfaat. Bunganya berwarna putih mungil dengan bau harum sering digunkan sebagai penghias rambut dalam pernikahan.
Melati dapat berbunga sepanjang tahun dan dapat tumbuh subur pada tanah yang gembur dengan ketinggian sekitar 600 atau 800 meter di atas permukaan laut asalkan mendapat cukup sinar matahari. Melati dapat dikembangkan dengan cara stek, tunas-tunas batu tampak setelah berusia sekitar 6 minggu. Melati mengandung senyawa-senyawa unsure kimia yang besar menfaatnya untuk pengobatan. Kandungan kimia yang ada tersebut antara lain indol, benzyl, dan livalylacetaat.
Melati dapat digunakan sebagai penghenti ASI yang keluar berlebihan. Bahanya hanya 1 lembar daun melati kemudian bahan tersebut dipipih halus kemudian ditembel di seputar buah dada setiap pagi sebelum mandi. Untuk sakit mata (mata merah), bahan yang digunakan adalah 1 genggam daun melati, dipiih halus kemudian ditempel di seputar dahi. Jika sudah kering diganti dengan yang baru dan ulangi hingga sembuh.
Untuk bengkak akibat sengatan lebah dapat menggunakan 1 genggam bunga melati. Bunga tersebut diremas-remas hingga halus kemudian ditempel pada bagian yang disengat lebah. Jika demam dan sakit kepala dapat menggunakan 1 genggam daun melati dan 10 bunga melati. Bahan tersebut diremas-remas dengan tangan kemudian direndam dnegan air dalam rantang dan digunakan untuk kompres dahi. Untuk penderita sesak nafas dapat menggunakan 10 lembar daun melati dan garam secukupnya. Bahan tersebut direbus dengan 3 gelas air sampai mendidih hingga tinggal 2 gelas dan disaring. Diminum 2 kali sehari 1/2gelas pagi dan sore.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Bunga Melati, Bunga Menawan Berkhasiat Obat

0 comments:

Post a Comment