Friday, March 6, 2015

Manfaat Dahsyat Bayam Berduri



Bayam Berduri yang Bermanfaat
Bayam duri merupakan tumbuhan yang sering di gunakan sebagai obat tradisional. Dewasa ini masyarakat mulai memanfaatkan kekayaan alam seperti tumbuhan untuk membuat berbagai jenis obat. Obat yang terbuat dari tambuhan sudah lama dilakukan oleh nenek moyang pada zaman lampau. Selain itu para ahli dari Jerman, India, China, Australia, dan Indonesia sendiri telah melakukan penelitian juga pengujian terhadap sejumlah tumbuhan tertentu yang diperkirakan berkhasiat untuk pengobatan.
Diperkirakan di Indonesia terdapat 100.000 pengobatan tradisional yang tersebar di 65.000 lebih desa. Pengobatan tradisional yang dimaksud adalah pengobatan yang dilakukan menggunakan obat-obatan atau ramuan tradisional seperti yang sering dilakukan oleh dukun, sinshe, tabib, dan sebagainya. Banyak dari mereka yang menggunakan tumbuhan-tumbuhan obat, salah satunya adalah tumbuhan bayam duri.
Bayam Berduri
Bayam Berduri

Bayam Berduri
Bayam Berduri

Bayam Berduri
Bayam Berduri

 
Tanaman tradisional bayam duri
Amaranthus spinousus atau di Indonesia lebih dikenal dengan nama bayam duri, merupakan tumbuhan yang mempunyai family amaranthaceae. Bayam duri termasuk jenis tanaman amaranth. Tumbuhan ini mempunyai batang lunak atau basah, tingginya dapat mencapai 1 meter. Sebagai tanda khas dari tumbuhan bayam duri  yaitu pada batang pohon, tepatnya di pangkal tangkai daun terdapat duri sehingga orang mengenalnya sebagai bayam duri.
Bentuk daunya menyerupai belah ketupat dan berwarna hijau. Bunganya berbentuk bunga bongkol, berwarna hijau muda atau kuning. Bayam duri banyak tumbuh secara liar di pekarang rumah, ladang, atau di jalan-jalan kampung. Bayam duri tumbuh baik di tempat-tempat yang cukup sinar matahari dengan suhu udara 25 hingga 35 derajat celcius.
Bayam duri selain mempunyai unsure zat besi juga mengandung senyawa-senyawa kimia lain yang sangat dibutuhkan oleh tubuh manusia. Kandungan unsur kimia lain adalah protein, mineral, calsiun, natrium, fosfor, ascorbic acid (vitamin C), raboplavin (vitamin B2), thiamin (vitamin B1), niacin (vitamin B3) dan karbohidrat.
Bagi penderita kencing nanah dapat menggunakan 1 potong akar dengan bonggol bayam duri, adas pulawaras secukupnya. Kemudian direbus dengan 1 liter air sampai mendidih dan disaring lalu diminum pagi dan sore. Untuk kencing tidak lancer, gunakan 1 potong akar dengan bonggol bayam duri kemudian direbus dengan 2 gelas air sampai mendidih hingga tinggal 1 gelas lalu diminum sekaligus.
Untuk gangguan pernapasan dan bronchitis, menggunakan batang bayam duri lengkap dengan daun, bunga dan akarnya kemudian ditumbuk halus lalu direbus dengan 1 liter air dan disaring. Diminum setiap pagi hari dan sore hari. Memproduksi ASI, menggunakan batang bayam duri lengkap dengan daun dan juga akanya. Kemudian ditumbuk hingga halus lalu dioleskan/dibobokkan seputar payudara.
   

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Manfaat Dahsyat Bayam Berduri

0 comments:

Post a Comment