Wednesday, May 13, 2015

Kanker Paru Merenggut Jutaan Nyawa Kaum Adam

Kanker Paru Merenggut Jutaan Nyawa Kaum Adam
Kanker paru cenderung menyerang para laki-laki dari pada menyerang perempuan. Kanker merupakan penyakit yang disebabkan oleh pertumbuhan sel-sel jaringan tubuh yang tidak normal. Sel-sel kanker tersebut akan berkembang dengan sangat cepat, tak terkendali, dan akan terus membelah diri lalu akan menyusup ke jaringan sekitarnya dan akan terus menyebar melalui jaringan ikat, darah, dan menyerang organ-organ penting serta saraf tulang belakang. Jumlah penderita kanker di Indonesia hingga saat ini belum diketahui secara pasti namun peningkatannya dari tahun ke tahun dapat dibuktikan sebagai salah sayu penyebab utama kematian. Dari banyaknya kanker yang ada hanya beberapa jenis yang dapat diobati terutama jika diobati saat masih stadium dini.

Kanker Paru Merenggut Jutaan Nyawa Kaum Adam
Kanker Paru Merenggut Jutaan Nyawa Kaum Adam

Kanker Paru Merenggut Jutaan Nyawa Kaum Adam
Kanker Paru Merenggut Jutaan Nyawa Kaum Adam

Kanker Paru Merenggut Jutaan Nyawa Kaum Adam
Kanker Paru Merenggut Jutaan Nyawa Kaum Adam

Kanker paru-paru
Berdasarkan beberapa data statistic menunjukan bahwa 90% penderita kanker paru-paru adalah kaum adam. Penyebab utama dari kanker ini adalah merokok, lebih banyak asap rokok yang diisap lebih besa resiko terkena kanker ini. Hanya sekitar 15% pria terjangkit kanker paru-paru ini yang bukan perokok. Kemungkinan besar hal ini disebabkan oleh zat-zat tertentu, seperti arsen dan klorometil eter yang terisap bersama oksigen.
Selain itu ada beberapa penderita kanker paru-paru yang sebelumnya telah menderita penyakit paru-paru lainnya, seperti turbekulosisdan flobosis. Penyebab kematian penderita kanker ini biasnaya bukan kerena kesulitan bernapas akan tetapi kerena posisi paru-paru dalam sistem peredaran darah menyebabkan kanker mudah menyebar ke organ-organ tubuh vital lainnya. Penyebaran ini akan menyebabkan dapat terganggunya fungsi organ-organ vital tersebut yang bisa mengakibatkan kematian.
Ada beberapa faktor resiko yang penyebab berkembangnya kanker paru-paru, diantaranya
·         Asap rokok baik sebagai perokok aktif maupun perokok pasif.
·         Udara yang mengandung polusi zat-zat berbahaya, seperti asbes, arsen, kromat, nikel, dan klorometil eter.
·         Perderita tuberkolosis dan fibrosis.
Gejala yang timbul akaibat kanker paru-paru adalah batuk yang berkepanjangan. Gejala ini sama dengan gejala yang timbul pada kelainan paru-paru lainnya sehingga stadium dini akan sulit dibedakan antara kanker atau bukan kanker. Untuk stadium lanjut beberapa gejalanya adalah kehilangan nafsu makan, berat badan menurun, lesu dan batuk yang disertai dengan keluarnya darah. Untuk tingkat stadium lanjut, kanker paru-paru dapat menyebar ke pembuluh getah bening dan juga pembuluh darah sekitarnya. Penyebaran kanker ini akan menyebabkan ganguan pada organ-organ vital lainnya seperti otak, tulang, ginjal, hati, kulit , dan juga organ-organ lainnya.
Penemuan kanker pada stadium dini sangat diperlukan untuk kemungkinan penyembuhan, semakin dini kanker tersebut diobati makan kemungkinan sembuh sangat besar. Untuk menemukan adanya serangan kanker paru-paru lebih awal sangat diperlukan tindakan WASPADA terutama untuk poin S yakni suara serak dan batuk yang tidak sembuh.


Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Kanker Paru Merenggut Jutaan Nyawa Kaum Adam

0 comments:

Post a Comment